Mahasiswa UIJ Lakukan Kajian Komprehensif Tentang pengembangan UMKM Buket Bungan

File Berbagi

Siti Hofifah Qurotul Aini, seorang mahasiswa Program Studi Agribisnis Fakultas Pertanian Universitas Jember (UJI), baru-baru ini melakukan kajian komprehensif mengenai pengembangan usaha buket bunga di Kecamatan Bangsalsari, Kabupaten Jember. Penelitian ini bertujuan untuk mendukung pengembangan UMKM yang bergerak di bidang kreasi dan buket bunga di wilayah tersebut.

Dalam kajiannya, Siti Hofifah menggunakan pendekatan teori bauran pemasaran 7P Product (produk), Price (harga), Place (tempat), Promotion (promosi), People (orang), Process (proses), Physical evidence (bukti fisik) dan analisis pengambilan keputusan konsumen. Fokus utama dari penelitian ini adalah membantu usaha buket bunga agar dapat berkembang lebih pesat di tengah persaingan pasar. Tiga toko yang menjadi objek penelitian adalah HNA Craft, Buket Flowers, dan Giftbox Gumush.

Penelitian ini mengungkapkan pentingnya penguatan promosi melalui media sosial dengan memanfaatkan teknologi komunikasi yang ada. Variabel utama yang menjadi perhatian adalah faktor lokasi (tempat), yang memiliki peran signifikan dalam keberhasilan usaha.

Penelitian ini dibimbing oleh dua dosen ahli, yaitu Ibu Hikmatul Lutfi’ah, S.TP., M.P., dan Muhammad Ardi Wiranata, S.ST., M.Tr.P. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi nyata bagi pengembangan UMKM di Kecamatan Bangsalsari, khususnya dalam bidang buket bunga. (Maw) 30/8/24

 

Sumber: https://www.kompasiana.com/wiranata5101/66d17f4fed6415265c73bd52/kembangkan-umkm-buket-bunga-di-bangsalsari-mahasiswa-uij-lakukan-kajian-komprehensif-dengan-pendekatan-7p?utm_source=Whatsapp&utm_medium=Refferal&utm_campaign=Sharing_Desktop

Kreator: Wiranata

Tinggalkan Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Scroll to Top